Jumat, 17 Februari 2012

MENGAKSES WEBSITE

Pengertian web broser
    web browser adalah suatu program yang di gunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman web                                                                                          
Macam-macam web browser
a.mozila firefok
b.internet explorer
c.google chrome
d.opera mini

1. Cara mengaktifkan web browser
 a.klik start
 b.pilih program
 c.klik mozila firefok
d.komputer akan siap menjalankan software mozilafirefok
2. Cara menuliskan alamat website
       Website memiliki alamat untuk menunjukan letak keberadaanya.Hal ini dapat di umpamakan seperti sebuah rumah,di dunia ini terdapat ratusan juta atau bahkan ribiuan juta rumah yang berisi beragam manusia beserta sifatnya.Kita tidak akan tahu di mana rumah teman kita tinggal jika kita tidak memperoleh petunjuk.
dalam tampilan software Internet Explorer terdapat sebuah kota yang panjang dan di samping kiri kotak tersebut tertulis Adress.Kotak inilah yang harus kita isi sesuai dengan alamat yang kita tuju yang berisi informasi yang kita sukai dan inginkan.
contoh: masukan alamat http://www.astaga.com kemudian klik go atau tekan enter.
3.Bentuk dan Contoh Alamat Website
       Alamat website memiliki anatomi,tetapi bentuknya tidak mirip dengan alamat rumah teman kita.Alamat website lebih sederhana meskipun kita wajibteliti saat menuliskannya supaya browser tidak membawa kita ke alamat yang salah. bentuk alamat website adalah:
                     http://www.nama domaian 
4. Mengenal Domain
       Alamat internet memiliki sebuah kode yang di namakan dengan Domain.Kode ini terletak di bagian  belakang sebuah alamat website.
Contoh: a.http://www.telkom.net
             b.http.//www.pikiranrakyat.com
             c.http://www.rcti.co.id
5. Mengenal Link 
        Link atau nama lenkapnya Hyperlink,merupakan semacam pintu yang menghubungkan satu halaman website dengan halaman-halaman website yang ada atau alamat website yang lain.
adapun fungsi dari link antara lain:
a.Untuk menghubungkan dari  satu halaman website kehalaman lain
b.Untuk menghubungkan dari ssatu halaman website ke alamat website lain:
c.Untuk menghubungkan dari satu halaman website ke alamat e-mail
d.Untuk menjalankan sebuah aplikasi misalnya meperdengarkan musik,gambar bergerak, menyimpan program dan lain sebagainya.
6.Mencari Link  
      Ada beberapa ciri untuk mendapatkan link yaitu:     
a.Teks yang mengandun link biasanya bergaris bawah
b.Sebuah link,apakah berada dalam sebuah teks atau gambar,akan merubah bentuk kursor mouser dari anak panah menjadi gambar tangan.
7. Menklik Link 
      Cobalah kita masuk ke sebuah website dengan menulis alamat website itu terlebih dahulu.Setelah itu,kita gerak-gerakan mouse dan amati bentuk kursor mouse.Apabila berubah bentuk dari anak panah menjadi gambar tangan di atas sebuah teks atau gambar,artinya teks atau gambar itu mengandung link.Kliklah tombol kiri mouse pada link itu dan kita akan di bawa ke halaman lain.
8. Menyimpan alamat website
       Suatu ketika kita ingin memiliki atau menemukan sebuah alamat yang akan membawa kita ke sebuah website yang menawarkan informasi dan teknologi yang sangat kita butuhkan dan alamat tersebut takingin di lupakan begitu saja,barangkali kita akan menuliskan kedalam selarik kertas dan menyimpanya  di tempat pribadi kita.Hal tersebut sebnarnya tidak perlu,karena software internet explorer menyediakan fasilitas khusus yang dinamakan dengan FAVORITES yang fungsinya untuk menyimpan alamat-alamat website yang menarik.
Lankah-lankahnya sebagai berikut:
a.Ketiklah alamat website yang menurut kita sukai di kotak address dan tekan enter
b.Lalu tekanlah menu Favorites
c.Pilihlah add to Favorites
d.Berilah alamat website yang ingin kita simpan dengan nama tertentu yang kita sukai di kotak name
e.Kliklah OK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar